Wednesday, January 9, 2013

Ganglion part 2 & Lutut'ku !


Setelah sempat ketunda pemeriksaannya, akhirnya ketemu juga sama Dr.Djarot buat cek up..hehehe…:D
 Kalo ada yang sempat baca postingku dulu yang judulnya “Sepatuku” ( http://ytakaendengan.blogspot.com/2012/07/sepatuku.html   ) pasti tau kan siapa itu Dr.Djarot ? kalo belum tau, aku kasih tau lagi deh, Dr.Djarot itu adalah dokter ahli tulang yang menangani aku saat ini.

Kalo 6 bulan yang lalu aku didiagnosa kena penyempitan disaraf kaki ( lutut kiriku ), dengan hanya diberikan obat penghilang rasa nyeri dan vitamin buat tulang & sendi, plus disuruh bikin sepatu khusus yang tinggi sebelah.

 ( karena kaki kananku lebih pendek 2 cm dari kaki kiri. Berat tubuh semuanya jadi ketumpu di kaki kiri, maka terjadilah penyempitan saraf itu.)

Kini aku balik lagi buat periksa dengan keluhan yang lebih ‘berat’ lagi. Bukannya menghilang, rasa sakit di lutut kiriku itu makin ‘menggila’ !
setiap kali aku duduk terlalu lama trus berdiri, kakiku itu sakitnya luar biasa bahkan kadang-kadang aku ngga bisa melangkah dan bertumpu pada kakiku itu sangking sakitnya.

Bukan hanya itu saja, kali ini aku juga memeriksakan benjolan kecil yang tumbuh ‘cantik’ di pergelangan tangan kananku. ( yang pada postingan sebelumnya udah aku ‘tebak’ bernama Ganglion. http://ytakaendengan.blogspot.com/2013/01/ganglion.html  ) dan ternyata benar, benjolan itu adalah Kista Ganglion. ( sejenis tumor jinak yang tidak berbahaya. )

Melihat kedatanganku, Dr.Djarot senyam-senyum menyambut ( maklum, aku kan manisss..haha #narsis :p ) *lupakan* Next…

Dia kemudian mulai melihat-lihat catatan pemeriksaanku dulu, kemudian mulai bertanya-tanya tentang keluhan yang aku alami.

Dr.DJ : “trus, gimana keadaannya s’karang ?” ( maksudnya, penyempitan saraf dikakiku.)

Aku : “ masih sakit dok, bahkan lebih sakit dari sebelumnya, kalo duduk lama trus berdiri sakitnya itu luar biasa hebat, kadang-kadang sampe ngga mampu lagi buat jalan dok.”
Dr.Dj : “ hmmm…, *dengan kening mengerut* coba silahkan naik ke t4 tidur, biar saya periksa.”

Pas udah di t4 periksa, Dr.Dj langsung melihat dan memeriksa kakiku, dari bentuk sampai menggoyang-goyangkan lutut kiriku yang katanya mengalami kelonggaran akibat cedera patah tulang yang sebelumnya. And than he say :

Dr.Dj : “mana yang sering terasa sakit ?” ( sambil terus ‘mengutak-ngatik kakiku’ )

Aku : “ yang sebelah kiri di belakang lutut dok, itu sakit sekali kalo aku menekuk telapak kakiku dengan posisi seperti ingin berdiri.”

Dr.Dj : “seperti ini ?” katanya sambil menekuk telapak kakiku.

Aku : “iya dok..” dengan muka menahan sakit..>.<’’

Dr.Dj : “ seperti yang saya katakan sebelumnya, rasa sakit yang terasa diakibatkan oleh bentuk lutut yang tidak normal dan longgar. Sementara , seperti yang kita tahu kalau lutut adalah tumpuan dari berat beban tubuh. Jadi, jika posisi lutut kita tidak sempurna, itu akan mengakibatkan penyempitan saraf sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat di lutut itu sendiri.”

Aku : “ trus dok, apa itu artinya tidak ada cara agar aku bisa berjalan tanpa terasa sakit?”

Dr.Dj : “kalau saya hanya memberikan obat penghilang rasa sakit, itu juga percuma. Karena masalahnya bukan bagaimana meredakan rasa sakit itu, tapi bagaimana cara menanggulangi agar rasa sakit itu tidak ada lagi. Kalau setiap kali terasa sakit kamu minum obat, maka selamanya kamu akan tergantung pada obat penghilang rasa sakit. Jadi saya sarankan agar kamu membuat sebuah ‘korset’ khusus untuk dipakai dilutut kamu itu, biar seimbang. Dengan begitu, kamu akan lebih bebas berjalan dan terhindar dari rasa nyeri dan yang terpenting tidak ketergantungan pada obat penghilang rasa sakit lagi.”

Aku : “lalu dimana aku bisa mendapatkan ‘korset’ untuk lututku itu dok.?”


Dr.Dj : “nanti saya akan buat surat rujukan pembuatannya, kamu tinggal bawa ke RS bagian rehabilitasi/fisioterapi nanti mereka yang akan membuatkannya. Oh ya, satu lagi jangan lupa membuat sepatu khusus yang lebih tinggi sebelah, biar nanti jalan kamu bisa seimbang dan tidak terasa sakit lagi. Berat badan juga berpengaruh.” ( jiiaahhh…>.< !, harus diet kalo gitu, wkwkwk )

Aku : “ ohh ya dok, aku juga mau periksa soal benjolan yang ada di pergelangan tanganku ini. ( sambil nyodorin tangan ber’benjolan pada dr.Dj..haha..)

Dr.Dj : “hmm.., ini namanya Kista Ganglion, ini tidak berbahaya tapi memang harus di keluarkan, penanganannya ada dua cara : disedot pake jarum suntik, ato dioperasi. Tapi saran saya lebih baik di operasi karena kalo cuman disedot, kista ini akan muncul lagi.”

Aku : “satu lagi dok, badanku sering sekali mengalami biru-biru/memar meski ngga kena pukul. Itu kenapa ya dok.?”

Dr.Dj : “itu bisa jadi karena sejarah sakitmu yang dulu, yang menyebabkan pembuluh darahmu mengalami kerusakan, yang mengakibatkan terjadinya memar-memar biru pada tubuh kamu.”

Aku : “ohh.., gitu ya dok..”

Dr.Dj : “iya.., nanti saya buat surat rujukan pembuatan ‘korset’ untuk lutut kamu. Setelah ‘korset’nya jadi, kamu balik lagi kesini, cek up lagi kemudian kita akan lanjut dengan pembedahan kista ganglion yang ada di pergelangan tanganmu itu.”

                                       
                     ( ini surat rujukan dari Dr.Djarot untuk pembuatan 'korset' lutut ke pihak RS. )





( ini contoh 'korset' atau knee decker untuk lutut yang ngga stabil.)


( dalam hati pasti dr.Dj bilang gini : “nestapa amat ni anak, udah mantan osteo, lutunya bermasalah, penyempitan saraf, kena kista ganglion, plus pembuluh darah yang rusak.” Wkwkwkwk…:p )

Hmm…, kalo cuman dilihat sih, mungkin hidupku termasuk kategori nestapa yang cetar membahana membabi buta ngga karuan, hahaha…:p
Tapi buat aku yang menjalaninya, semua hal-hal buruk  yang saat ini tengah aku hadapi, ( dimata sebagian orang sih, tapi menurutku ngga seburuk itu kok J ) sama sekali ngga seburuk atau semenakutkan yang orang lain bayangkan.

Ya, memang kadang-kadang aku merasa cape, sedih, takut, marah dan kecewa karena selalu bertemu dengan cobaan-cobaan yang bagiku memang terlalu banget deh >.<’’. Tapi semua rasa negatif yang sering menyerangku itu, benar-benar bisa lenyap ketika aku kembali mengarahkan pandanganku pada-Nya dan berserah…

Hatiku dipenuhi dengan sukacita, aku dimampukan untuk bertahan, dan semangatku pun selalu bertambah didalam-Nya.

     Saat ini, aku memang harus berdiri pada posisi tegar untuk bisa melewati semua keadaan ini. Aku juga tetap percaya, bahwa apapun yang terjadi didalam kehidupanku, adalah yang terbaik yang sudah Bapa sediakan. Dan untuk segala hal yang saat ini sedang dan akan aku jalani, aku tetap meyakini bahwa Tuhan Yesus itu baik ! Dia selalu baik buatku…J

Yoo weess.., aku bobo dulu ya, ternyata udah jam 2 pagi ini, hahaha…bye J

GOD Bless all the reader J

4 comments:

  1. Mbak, kakk saya seorang doter, dan anak serat keponakan juga dokter, tetapi saya menyarankan kepada meteka jangan dipikir sendirian, tolong jika menemukan penyakit yang kurang yakin berembuklah dengan dokter yang lain, prediksi seorang doter tidak sama olehkarena perlu alat batu diaknosois untuk meyakinkan keputusannya, jangan percaya dengan tanda-tanda. Dulu saya pernah didiagnosis dengan melihat hasil rongsen (sinar X) diputuskan saya sinus dan akan dikeluarkan nanah dari hidung, ternyata setelah diblerek, tidak adananah yang keluar ternyata saya alegi. Akhirnya saya perbaikiki kesehatan dengan berolah raga dan senam yang sesaui dengan apa yang menjadi keluhan saya dan sekarang sehat dengan menagtur makan tanpa memakan gorengan dan pola makan sederhana kaya vitamin dan hauh segar.

    ReplyDelete
  2. makasih atas sarannya, tapi saya memang sudah melakukan pemeriksaan, dan benar saya penderita OI ( Osteogenesis Imperfecta ), juga mengalami penyempitan saraf dan kista ganglion :)

    ReplyDelete
  3. Mba dr jarot tu praktek dmana... dan itu pembuatan dekkernya dirujuk ke rs mana dan biayanya brp ya.. tks

    ReplyDelete
  4. Mba dr jarot tu praktek dmana... dan itu pembuatan dekkernya dirujuk ke rs mana dan biayanya brp ya.. tks

    ReplyDelete