Kamis, 09 Agustus 2012

FRENCH FRIES !

Nah !

Ketemu lagi nich sodara-sodara bareng chef Than ( ngarep :p ), lewat resep kentang goreng rumahan dengan kwalitas rasa ala KFC & Mc'D !

Langsung aja kita ke pokok makanan, ngga usah pake lama, hehehe....

Sebenarnya ngga ada niat sama sekali buat bikin kentang goreng. cuman kebetulan di dapur ada sekantong kentang yang 'nganggur', yang udah berhari-hari sejak kedatangannya dari pasar, sama sekali ngga di pake masak sama emak aku. pas ditanya, "mak.., ini kentang mau diapain?"

emak aku jawab. " ngga tahu juga?"

"nah loch.., ngga tahu kok di beli sih mak ?" nanyaku kehermanaan.

" kar'na murah, ya mama beli aja." jawab emak ku santai. ( nih kalo ada pedagang kaki lima yang obral besi tua murah, dijamin dech emak aku pasti bayar ! hahaha...#mukeDiskon )

Singkat cerita, didorong rasa ngemil yang tinggi dan disertai dengan kulkas yang 'gersang'. mau ngga mau aku harus berusaha memeras otak untuk membahagiakan perutku dan hasrat makanku yang tinggi. hahaha...

So.., terpikirlah dalam benakku untuk mengolah kentang itu menjadi makanan yang enak ! tapi karena sebelumnya belon pernah & sama sekali ngga tahu cara bikin kentang goreng yang kaya punyanya si Opa KFC & si Om Badut Mc'D...maka sebelum turun dapur, aku meditasi dulu di kamar. and Think !

Dari meditasiku itu, timbulah ide yang terinspirasi dari gorengan pisang yang selama ini sudah menjadi keahlianku. aku bertanya dalam hati : " bagaimana kalo cara ngolahnya aku bikin kaya ngegoreng pisang, tapi tepungnya itu ngga dipake aer ?"

Dengan modal iman dan kenekatan, aku akhirnya berani mencoba ! ( lagian kalo gagal, ini kan buat konsumsi pribadi ? jadi bodo amat ! amat aja ngga bodoh ! ) jadi, Lanjuuuutkan !



So..., mari kita lihat step by step cara membuat French Fries ala chef Than ! cekidot...


Bahan :
  • 15 buah kentang berukuran kecil & sedang.
  • 5 sendok makan tepung terigu.
  • 1 sendok makan tepung maizena.
  • 2 sendok makan bumbu penyedap ( masako/royko )
  • 3 siung bawang putih.
  • minyak untuk menggoreng.




 Pertama : Kupas kentang dan cuci bersih.





 Kedua : Potong panjang ( sesuai ukuran kentangnya aja kali ya...)




Ini hasil setelah dipotong...





Ketiga : Rebus kentang -+ 5 menit ( Tambahkan irisan 3 siung bawang putih & garam )




Keempat : Angkat & tiriskan.



Kelima : Campurkan tepung terigu, maizena, bumbu penyedap ( masako/royko ) dan sedikit merica. ( dengan perbandingan 5sendok makan tepung terigu, 1sendok makan tepung maizena, dan 2sendok makan bumbu penyedap ( masako/royko ). Campurkan kentang kedalam tepung sampai rata, kemudian masukan kedalam kulkas kira-kira 30menit.



Ini hasil setelah didiamkan selama 30 menit dalam kulkas. ( tepungnya udah melekat sempurna di kentang. )




Keenam : Goreng kentang dalam suhu minyak yang cuku panas. ( jangan terlalu lama, karena sudah direbus sebelumnya. asal sudah kecoklatan langsung diangkat saja. )



Ketujuh : Jika sudah kecoklatan kaya gini, angkat trus taru di atas tisyu biar minyaknya terserap.





Jadi dech...., Gimana ? mudah kan ? ( Rasanya enak loch...persis sama buatan Opa KFC & Om Badut Mc'D hahahaha...)






Dipasangin bareng minuman jeruk..., hmmm....Maknyuuuusss....:))



                                      So..., selamat mencoba ya...Happy Cooking ^^





                                                                                                         By : Chef Than ^^










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar