Sunday, August 7, 2011

Surat Untuk OPA !!!

Setahun telah berlalu selepas kau pergi dalam sebuah kedamaian….

Masih teringat jelas kejadian juli se tahun yang lalu, saat untuk pertama & terakhir kalinya kau meraih tanganku dan bertanya :

“ sekarang kau sudah umur berapa..?? ( jawabku : 22 tahun ), mulai sekarang jangan sakit lagi ya…harus bisa jaga diri…kamu sekarang sudah menjadi gadis dewasa”.

Sontak kata-kata opa yance membuat aku kaget & keheranan ( maklum saja, opa bukan tipikal orang yang banyak bicara atau yang biasa mengatakan hal-hal seperti itu, secara langsung padaku. ) selama 17tahun lebih aku dirawat oleh opa, selain marah-marah karena keseringannya aku sakit, opa tidak pernah berkata se’ramah’ & sejelas itu ( seperti itu adalah pesan terakhirnya untukku ) dan ternyata memang benar . itulah kata-kata terakhirnya untukku….

Aku tidak bisa berkata apa-apa selain hanya air mata yang terus mengalir ketika untuk kesekian kalinya aku terkenang akan sosok opa dalam hidupku….

Aku rindu omelannya, aku rindu nasehat-nasehatnya, aku rindu suaranya, aku rindu semua hal tentang dia….:’(
Rasa kehilangan akan sosok opa yance, lebih menyakitkan ( bahkan beribu-ribu kali lipat sakitnya ) dari pada saat aku kehilangan cinta…

I want go back to juli one year ago…..oh GOD….#I’m still crying until now..:’(

Aku benar-benar masih ingin menunjukan pada dia, bahwa kata-katanya padaku dulu memang benar…..sangat-sangat benar…..now I'm heal and fine !!!

Masih teringat jelas kata-kata opa, ( terlebih ketika kegagalan hampir selalu ku temui ) :

“ Nak…mungkin saat ini kau menangis, tapi ingat dengan jelas kata-kata opa…ALLAH mengasihimu, dan DIA punya rencana yang indah untuk hidupmu. Suatu hari nanti kau akan tersenyum dan mengerti.” ( 1korintus 2:9 ).

Kata-kata opa menjadi seperti sebuah ‘tantangan’ iman & semangat tersendiri untukku kala itu.
dalam hatiku saat itu muncul sebuah pertanyaan :  

“ ok, senyum yang bagaimana yang bisa ALLAH berikan untukku..? dan dengan cara apa ALLAH bisa membuatku memahami bahkan MENGERTI seperti yang opa bilang tentang keadaanku saat itu..??”.

Aku bukannya tidak mau untuk mengerti, tetapi aku hanya tidak tahu bagaiman caranya untuk bisa mengerti & menerima keadaanku kala itu? Apa yang bisa dipahami seorang anak berusia 10 tahun tentang kasih & rencana ALLAH dalam hidupnya..? apalagi untuk mengerti..??

Justru saat itu, aku benar-benar tidak mengerti mengapa aku..? penyakit ‘konyol’ apa ini, sehingga dokterpun tak mampu untuk menyembuhkanku ? dan itu artinya seumur hidupku aku harus ‘siap’ kapanpun untuk mengalami patah tulang…

Lalu apa arti dari kata Kasih ALLAH & Mengerti yang opa maksud..???
Tetapi seiring berjalannya waktu, dan setelah aku di ‘bentuk’ sedemikan rupa oleh ALLAH, akhirnya kata-kata opa yance menjadi seperti sebuah ‘wahyu’ dalam hidupku, yang disampaikan bertahun-tahun yang lalu, untuk terjadi sekarang…

Opa benar dalam tiga hal dari apa yang dia katakan dulu,

Yang pertama : ALLAH benar-benar sangat MENGASIHI ku, sehingga semua ini harus terjadi…

Yang kedua : Aku benar-benar bisa TERSENYUM denga lega sekarang…^__^

Yang ketiga : Akhirnya aku bisa MENGERTI semua yang terjadi dalam hidupku…

   Hanya saja aku belum bisa membagi banyak waktu disaat aku sehat dengan opa…:’(
Aku ingin dia melihat betapa bahagianya aku sekarang….aku benar-benar hanya ingin dia melihat senyumku. selama 17tahun lebih aku mengenalnya, opa hanya melihat air mataku, dia hanya melihat aku menangis selama ini…hanya itu yang dia lihat…:’(

Dan aku benar-benar ingin sekali kembali ke bulan juli ditahun yang lalu dan menunjukan banyak kebahagiaan, senyum & sukacita yang begitu besar dalam hatiku untuk opa…

Opa ada di masa-masa tersulit & terberat dalam hidupku. Menguatkan & merawatku hingga sembuh.

Tapi kenapa opa harus pergi disaat aku menemukan bahagiaku..?? opa seperti penolong yang dikirimkan Tuhan di masa-masa terberat dalam hidupku. Dan tepat disaat semua ‘badai’ dalam hidupku reda, opa pun pergi…

Terima kasih opa untuk semua hal yang sudah opa berikan dalam hidupku…dan maaf, karena aku tidak bisa memberikan cukup banyak senyum bahagiaku padamu semasa kau hidup.…

Selama ini aku hanya bisa menangis didepanmu karena menahan sakit…dan aku harap saat ini opa bisa melihat senyum & kebahagiaanku dari sorga…^___^

Aku akan hidup bahagia mulai s’karang opa, selalu bahagia…:)

Aku akan menjaga diriku baik-baik, agar senyumku terus ada…:)

Aku akan tersenyum, tersenyum, dan selalu tersenyum, bahkan disaat terberat dalam hidupku,
untuk menebus semua‘hutang’ senyumku padamu yang tak pernah bisa kupenuhi…

Ya opa…, aku akan Mengerti & Tersenyum untuk semua hal yang BAPA kerjakan dalam hidupku…:)

T’rima kasih untuk semuanya…:)

Dari ‘pasien’ terlamamu…hahaha…Yanne Katrina..^__^







#untuk Opa Yance Adena ^^

No comments:

Post a Comment