Perjalanan panjang….

Mengajarkanku banyak hal, melatihku untuk bertahan dan membawaku untuk menjadi taat..
Didalam penantian, ku temukan kekuatan untuk berjuang meski menyerah adalah pilihan termudah..
Bukan karena aku kuat sehingga aku mampu bertahan, tetapi karena aku percaya pada sebuah penyertaan yang tak kasat mata, yang akan selalu membawaku pada sebuah kemenangan …
Dimana ada air mata, disitulah kita bisa menemukan pemahaman tentang hidup, yang tidak bisa dipahami hanya karena kita bahagia…

Butuh waktu untuk bisa belajar sesuatu, butuh waktu juga untuk dapat memahami keadaan yang ada dan kemudian menentukan pilihan. Menyerah untuk kalah atau merangkak untuk menang?
Aku tidak suka merangkak, tetapi aku tidak mau kalah…karena itu aku bertahan untuk bisa melihat kebahagiaan, atau setidaknya mengintip sedikit dari sebuah kebahagiaan dalam hidup…

Masa-masa air mata, adalah masa-masa dimana pengenalanku akan-NYA semakin bertambah…
Karena itu, terlebih berharganya masa-masa itu bagiku, dari pada aku harus melewati masa dimana kebahagiaan memenuhi hidupku, tetapi aku menjadi ‘buta’ akan pribadi-NYA dalam hidupku…
Tidak mudah untuk berserah, tetapi lebih baik dari pada terhilang dari hadapan-NYA. Tidak mudah untuk bertahan, tetapi jauh lebih baik dari pada berhenti dan meratap…

Saat ini semuanya tidak terlihat mudah, tetapi aku yakin segalanya akan terlihat indah kelak…
Perjalanan panjang yang dilalui, tidak akan lagi disesali. Tetapi senantiasa di syukuri karena telah terlalui dengan pasti…

Keyakinan akan semakin betambah ketika penyertaan-NYA senantiasa ada, dan membawaku keujung perjalanan panjangku…

Yang bisa kulakukan hanyalah, Percaya dan tabah….