Saturday, January 19, 2013

My Blue Eyes !


Day 5 !

Hari ini, ada yang berbeda dari hari-hari sebelumnya, kali ini aku di anterin sama dua bodyguard yang unyu2 hahaha…:p

Ms. Agnes & Ms. Gina !

Singkat kata dan singkat cerita, kita be 3 udah ada di RS. Ruangan pertama yang kami kunjungi adalah ruangan AsKes buat ngurus surat jaminan. Kali ini pembuatan suratnya lumayan lancar ( coz si Agnes a.k.a kaka aku kenal sama yang bikin jaminannya, #pengaruh orang dalam hahaha..:D ) kemudian dilanjutkan dengan registrasi surat jaminan di ruangan selanjutnya. Setelah surat menyuratnya selesai kami melanjutkan ‘perjalanan’ kami ke ruangan radiologi buat ngambil hasil foto ronsen.

Diruangan radiologi kami juga ngga terlalu lama ngantri ( malah ngga ngantri sich :p ) karena kaka langsung masuk buat ngambil hasil fotonya ( lagi-lagi pengaruh orang dalam :D ). Habis kemarin aku rada kesal sama sedih pas liat mama di marah2in pas ngurus surat-surat itu. jadi hari ini aku ganti personil yang lebih galak dulu hahaha..:p

('pengawal' baru aku, kurang galak apa coba ? haha:p )


Next,
kita lanjut ke ruang rehabilitasi buat terapi sama ngantar hasil foto sama para dokter. Karena ini juga pertama kalinya kaka ke ruang rehabilitasi ( selama kerja 8tahun di RS itu , katanya baru hari itu dia ‘nginjak’ ruang rehabilitasi wkwk :p ) jadi diruangan itu kami akhirnya memutuskan untuk mengikuti yang namanya budaya antri hahaha…:D

Dengan pose paling unyu ( ngga penting ! -.-“ ) kita b3 duduk dengan ‘manis’ sambil nungguin nama aku dipanggil. Tak.., tik…, tok… detik demi detik berlalu melewatkan setengah jam yang lumayan membosankan. Tiba-tiba…, tadaaaammm…muncul lah oma wkwkwk…dan dalam hati aku : “huraaayyy…selamat..selamat..hihihi…”

Setelah menyapa kita b 3, oma langsung masuk ruangan administrasi. Dan ngga lama kemudian oma keluar trus langsung ngajak aku masuk ruang terapi. Hehehe..tengkyu oma, #ngga perlu ngantri dah J

Pas masuk ruang terapi, aku hanya di antar sama oma dan kaka, sepupu aku gina ngga ikut dan hanya nungguin aku di ruang tunggu. ( pikirnya ngga lama, ngga taunya haha..:p )

Seperti biasanya, aku kembali tengkurap sambil menikmati hangatnya sinar mentari eh salah sinar terapi hahaha..:p dan setelah 15 menit waktu terapi berakhir, aku kemudian langsung ke ruangan dokter buat nyerahin hasil foto ronsen. Aku pikir tinggal serahin trus pulang deh, ternyata eh ternyata di’tangkap’ lagi sama mereka, di tanya-tanya lagi, di ukur2 lagi sama di foto2 lagi..hajuuu…=.=!

Pas masuk, para dokter nyambut dengan senyum2 yang manis tentunya sambil becanda.

“gimana yann, matanya masih biru ya, haha..?” sapa salah satu dokter sambil ketawa-ketiwi nyindir mata aku yang kedapatan sama mereka berwarna biru..:p

“hahaha.., masih dok.., mau gimana lagi udah dari lahir warnanya gitu. pengennya sih yang bagian item’nya yang berwarna biru tapi justru birunya di bagian putih. Kan kalo bagian itemnya yang biru keren dok.”

“haha.., keren’an warna ijo yann..hehe..” sambung dokter itu lagi.

“hehehe…, maunya sih gitu dok.”

“enakkan kalau darahnya ya yang biru ?” sambung salah satu dokter lainnya.

“hahaha…., itu mah tajir donk dok :p”

“trus gimana yann, tadi udah di terapi ? fotonya udah ada ?” tanya dokter yang biasa.

“udah dok, sebelum kesini udah diterapi dulu. Ini fotonya dok.” Jawab aku sambil nyodorin hasil foto ronsennya.

Trus salah satu dokter langsung ngambil hasil fotonya untuk dilihat. Pas sampe di foto bagian pinggul. Tiba-tiba si dokter ketawa. ( terang aja aku kaget, lah aku lagi gugup2 sama hasil fotonya, sih dokter kok malah ketawa ya ? aneh ?? )
“kenapa dok ? kok ketawa ?”

“ini yann, kamu kalau punya anak gampang. Haha…, lahirannya pasti mudah. soalnya pinggul kamu tuh besar. Hahaha…” jelas dokter itu sambil terus ketawa.

Dalam hati : “jiaaaahhh….=.=! kirain ada apa ? aduh dari awal cek up tujuannya buat ngobatin penyempitan saraf, tapi kok ngomongin soal anak mulu yach ? dasar si dokter >.< !”

“astaga dok, kirain ada apa. Ihh dokter hahaha…” ikutan aja ketawa :p

Pas diruangan dokter oma sama kaka ikutan masuk. Trus tiba-tiba salah satu dokter lagi masuk ke ruangan itu. pas si dokter masuk, dokter2 yang lain kaya ketemu sama Siwon Choi hebohh gitu pas liat si dokter haha..:p ( kalau menurut ‘penglihatan’ ku ya, si dokter yang masuk itu kaya kepala atau pengajar atau seseorang yang di atas mereka gitu, soalnya apa yang dokter itu bilang mereka pada ikutin, kalau ngga salah nilai sih :p )

Kalau ngga salah, si dokter yang terakhir masuk itu namanya Jodi ( bukan Jodoh di tinggal mati yach haha..:D ) dan pas si dr.Jodi masuk, dokter yang lain pada langsung ‘sodorin’ diriku sama si dr. Jodi. Nah , dimulailah ‘pengotak-ngatikan’ diriku sama para dokter itu, AGAIN !!!

Dr .Jodi : “coba kamu berdiri”

Yaa, lagi deh berdiri di’hadapan’ mereka.

“kalau misalkan dipakaikan dari pangkal paha ( semacam besi penyangga untuk alat bantu berjalan. ), takutnya akan terjadi patahan di kakinya dan bla..bla..bla..( bagian ini aku udah ngga ngerti #bahasa dokter :p )

Sontak saja reaksi aku langsung naik pada puncak yang berlebihan dikarenakan trauma yang belum hilang dari pikiranku soal patah tulang.

“aku ngga mau patah tulang lagi dok ! aku ngga mau !” sambil geleng2 kepala sama si dr.J.

Sementara, si dokter yang selama ini tangani aku langsung sambung. “udah 5 tahun jalan kan, jadi dia udah ngga mau lagi kejadian patah tulang itu terjadi. Tapi ngga apa2 kok yann, disini kan kita cari solusi sama2 apa yang terbaik buat kamu. Jadi ngga akan ada patah tulang lagi J” jelasnya yang sepertinya mengerti ketakutan yang tersembunyi dari muka aku..haha..:p

“coba lepas baju lapismu itu.” kata si dr.J.

Waktu itu aku pake blaser hitam lapis kaos putih. Kubuka lah blaserku. Pas udah dibuka, dr.J mulai periksa tulang belakang aku. Dia kemudian menyuruh aku pindah ke ruang sebelah yang ada kain penutupnya buat meriksa lebih lanjut. Tapi sebelum itu dia minta hasil foto ronsen tulang belakang, sama pinggul dll yang aku udah ngga ngerti, yang aku tahu ada 5 lembar hasil foto waktu aku terima.

Aku terus liat mereka diskusi soal tulang-tulang aku di dalam foto itu. sekedar flash back, pas di ruang tunggu tadi, saat aku megang hasil foto itu, aku terus doa dalam hati. Kalau memang Tuhan buat mukjizat, itu pasti sempurna dan tuntas. Dan aku meyakini kalau hasilnya pasti baik, sama seperti hasil pemeriksaan darah kemarin.


(Puji Tuhan ! hasilnya bagus :) )


Dan benar saja, hasilnya bagus, tulang2ku padat sempurna ( sama kaya badanku yang padat juga, haha..:p ) meski ada beberapa bentuk yang katanya miring atau apalah karena pertumbuhanku yang tidak normal karena sering mengalami patah tulang sebelumnya. Tapi so far ngga ada masalah sama tulang-tulangku. ( padahal aku sempat takut kalau akan ada pengeroposan pada tulang2ku, tapi ternyata tidak ! Puji Tuhan J )

Setelah selesai memeriksa foto ronsenku, si dr.J kemudian menyuruh dokter yang ingin masuk untuk melihat, agar mengikutinya ke dalam bersamaku. ( mungkin untuk belajar juga, karena bagi mereka kasus penyakit seperti aku itu langkah 1:20.000 jadi ibaratnya aku adalah pelajaran juga buat mereka.)

Setelah didalam, aku baru sadar ternyata ruangan itu udah penuh sama para dokter wkwkwk…( didalam udah ada 8 dokter jadi 9 sama eike :D ) hal pertama yang dilakukan adalah. Aku disuruh buka baju…jiaaaaahhh…>.<!

Untungnya disuruh menghadap dinding, hehehehe.., setelah itu aku disuruh membungkuk kebawah. Dan mulailah si dr.J meriksa kondisi tulang belakangku. Setelah selesai di ‘otak-atik’ aku disuruh berdiri tegap, diliatin dengan seksama kaki aku sama si dr.J, sama pinggang aku di periksa lagi. ( bagian ini aku udah ngga ngerti bahasa dokternya :p ) setelah selesai, pas aku ngangkat wajah, tiba-tiba salah satu dokter bilang “dr.J, coba liat bagian matanya. Matanya berwarna biru ke abu2an dok.”

Langsung dah, semua dokter termasuk dr.J langsung mendekat dan melihat biji mata aku. Trus sesudah itu aku kan liat si dr.J, maksudnya nungguin komentarnya soal apa dan kenapa mataku bisa berwarna biru ? lah si dr.J malah becanda sambil bilang “matamu biru, sama kaya mata aku kan ?” jiaaahh…>.<! #dokter aneh :p

Setelah itu, para dokter langsung diskusi sambil tanya2 pendapat dr.J buat penanganan aku selanjutnya. Apa yang akan dikenakan di kakiku dan seterusnya ( masih ngga ngerti #bahasa dokter :D ) habis itu si dr.J bilang gini : “jangan lupa di ambil foto kakinya.” Setelah itu dia ngelihat aku trus ngomong gini : “ boleh kan aku ambil foto kamu ?” dengan nada becanda.

“hahaha..tentu aja boleh dok, asal jangan di taruh tulisan WANTED aja sih dok.”
Para dokter ketawa mendengar kata-kata aku, trus si dr.J ngga mau kalah juga, “ohh tentu aja ngga, foto kamu aku ambil tapi wajah kamu nanti aku bikin ngga jelas.” Jiaahh dasar dokter aneh emank haha..:p

“ngga yann, nanti foto kamu akan kami taruh : sedang mencari jodoh ! hahaha..” sambung salah satu dokter di ruangan itu. ( tau aja nih dokter aku lagi jomblo wkwkwk..:p )

“tahun ini pasti nikah kamu yann.” Sambung dokter yang lain.

“amin” hahaha…ngga tau mau ngomng apa lagi ( habis niat amat sih para dokter nyuruh aku kawin :p )

“ohh ya, trus aktifitas kamu sehari-hari apa aja ?” tanya dr.J

“biasa aja dok. Beres2 rumah, nyuci piring, kadang2 baju, nyetrika juga sering rebonding rambut.”

“aktifitas kamu normal ya,” katanya sambil mikir. “ya udah, kalau gitu dia ngga ada perlu bantuan apa2 lagi selain di kaki itu. dibuat aja alat bantunya biar dia ngga cape jalan. Kasian nanti kalau dibiarkan kakinya seperti itu terus nanti akan ada efek samping lain. Jadi dibikin aja..bla..bla..bla..(bahasa dokter lagi :p mungkin yang dimaksud adalah korset kaki itu ? )

Dan selama aku diperiksa sama dr.J, kaka aku si agnes nungguin diluar. Disana ada satu dokter cowo, trus si dokter in nanya gini sama kaka aku : “dia ( aku ) ngga pernah depresi atau stress ?” ( maksudnya saat menghadapi penyakit ini apa aku pernah tertekan gitu.)

“hahaha…, ngga dok tapi mungkin sebentar lagi ?” jawab kaka aku setengah becanda.

#awas kau agnes mo-kawin & dr.Cowo ! berani sekali kalian bilang aku stress :p

Setelah dr.J pergi, aku kembali di ukur kakinya sama dokter yang lain. “kita ukur lagi ya, untuk membuat korset kaki kamu. Biar nanti jalannya udah ngga sakit lagi.”

“ok dok J

(enakan tidur aja ah..:p )


( dokter ampe cape plus bingung mau di apain ni kaki biar normal ? wkwk :)) )

( proses pengukuran kaki *sambil dicoret2* untuk mendapatkan ukuran korset kaki. )


Proses ngukurnya lama banget, dan saat itu aku ngambil kesempatan buat tanya-tanya sama para dokter tentang penyakit aku ( lumayan, refrensi buat buku aku nanti haha..:p )

“dok, apa sakit aku ini termasuk osteogenesis imperfecta ?”

“iya yann, kemungkinan itu.”

“tipe berapa dok?”

“mungkin tipe 1 yann.” Jawab dokter itu sambil terus ngukur kaki aku.

Sementara ada satu dokter juga yang baru aku liat, duduk di samping aku sambil tanya2 tentang sejak usia berapa aku patah dan sampai usia berapa. Dan setelah dia selesai tanya2, aku lanjut lagi nanya sama dokter yang tadi soal sakit aku.

“ohh ya dok, kalau memang aku kena osteogenesis imperfecta, lalu kenapa ada sebagian tanda2 dari penyakit itu yang ngga ada sama aku, meskipun aku juga tau kalau sebagian dari tanda2 penyakit itu memang ada di aku, seperti bagian putih di mataku bukanlah putih melainkan abu-abu kebiruan dan juga kerapuhan tulang. Tapi soal tanda2 yang lain kan aku ngga punya dok, seperti tinggi badan yang tidak normal ( cebol ) tinggi aku kan masih termasuk standar *150* , juga soal sesak nafas, aku ngga pernah ngalamin sesak nafas, dada ayam (dadaku normal bahkan sexy wkwkwk..:p ) dan kehilangan pendengaran ( aku ngga tuli kecuali pas pake headset baru aku jadi ‘tuli’ sesaat haha..:D ) lalu kenapa seperti itu dok ?”

“gini yann, penyakit ini lebih besar terjadi karena ada kerusakan gen didalam diri seseorang, kemungkinan gen kamu rusak karena itu meskipun hasil pemeriksaan darah dan foto ronsen kamu baik2 saja, kamu tetap memiliki tanda2 itu. lagian kan itu artinya kamu beruntung cuman sebagian yang ada di kamu, coba kalo semua tanda ada di kamu ? repot nanti yann..haha..” terang si dokter.

“hahaha…, iya juga ya dok. :p”

“ngomong2, kamu tau dari mana soal penyakit ini ?”

“dari internet dok. Hehe..”

“loh kan artikel penyakit ini di internet itu kebanyakan bahasa inggris, kamu pintar loh” dia kemudian melirik dokter yang lain trus ngomong “yanne ini cuman lulusan SD loh, tapi dia pintar bisa internet ngomongnya juga kaya orang yang berpendidikan, ngga akan ada yang nyangka dia cuman lulusan SD, anaknya juga ceria terus. Dari awal periksa ngga ada sedih2nya ni anak.”

Dalam hati : “hahahaha…biasa aja dok, hari gini ngga bisa internet ? lagian kalau artikelnya bahasa inggris, lah gampang tinggal tanya om Google aja :p…ceria ? haha..dokter belum tau aja kalau tiap malam aku menggenangi bantal aku dengan hujan air mata..wkwkwk..:))”

Dan setelah selesai dengan penngukuran pembuatan korset kaki itu ( kaki aku dicoret-coret lagi dah -.-! ) . aku kemudian masih di tes lagi sama sih dokter, aku disuruh saling adu kekuatan sama si dokter,di mulai dari tangan, paha, betis, kemudian telapak kaki. Dan hasilnya bagus juga.

Setelah itu, aku di antar ke ruangan pembuatan korset. Dan ternyata eh ternyata biaya pembuatan korset itu ngga masuk AsKes. Yang artinya aku lebih tepatnya mama harus nyari duit buat biaya pembuatan korset kaki aku. Tapi aku tetap yakin, kalau Tuhan pasti buka jalan. PASTI ! J

Dan dari pihak pembuatan korset kaki itu meminta aku buat membawa sepasang sandal baru yang akan mereka beri tambahan pada sebelah kanannya ( karena lebih pendek dari kaki kiri ) sebuah ‘hak’ agar nanti jalan aku bisa seimbang. Dan kata dokter sendal itu hanya boleh aku lepas disaat mandi dan tidur, begitu juga dengan korset kaki aku. Beugghh I think im gonna be a Robot Cop ! AWESOME !!! bhuahahaha…:p

Setelah selesai tawar menawar harga sama si pembuat korset, akhirnya perjalanan kami lanjutkan ke toko buat nyari sandal. Nah, ini juga ngga mudah tau kan ukuran kaki aku kecil, jadi udah 2 toko yang kita datangi tapi ngga ada yang cocok. ( kita malah main2 di tempat boneka hahaha…#masa kecil kurang waras :p )
(ngga nemu sandal, bisa ngga ya pake sandal ini ? wkwkwk :p )

( masa kecil kurang waras, berdampak diusia dewasa haha..:D )

(latihan punya anak, dokter bilang kan gampang aku punyanya ciakaka..:p )



Akhirnya kami memutuskan buat pulang ke rumah. Dan malamnya aku balik lagi keluar sama mama buat nyari sendal itu. finaly nemu juga ( tapi capenya luar biasa, mana penyempitan saraf di kaki aku udah mulai kambuh. Hedeehh..>.< !)

Tapi over all ( ci e..:P ) aku sangat..sangat…sangat bahagia. karena semuanya baik2 aja dari tes darah sampai foto ronsennya. Meskipun dokter bilang kemungkinan kerusakan terdapat pada gen aku, tapi aku akan tetap meyakini kalau AKU SUDAH SEMBUH !

Karena dokter di atas segala dokter SUDAH MENYEMBUHKANKU !

So, sampai ketemu disaat korset aku udah jadi.., J

hurayyy im gonna be a Robot Cop huahahahaha…:P

No comments:

Post a Comment