Tuesday, January 8, 2013

Ganglion !


Ada yang tau itu apa ? eittss bukan merek makanan loh..wkwkwk…

Langsung aja ya aku cerita..( ngantuk aku, ini udah jam 3 pagi soalnya, hahaha  :p )

Pada mulanya ( cieee…:p ) aku pikir benjolan yang nongol di pergelangan tangan kananku itu, akibat dari seringnya aku melakukan rebonding rambut, dimana aku diharuskan untuk lebih banyak menggunakan tangan kananku, dari mulai proses pengolesan obat, smoothing, sampe nyatok’in rambut para pelanggan.
Nah , ini nich proses paling bikin pergelangan tanganku kram2, apalagi kalo pelangga aku rambutnya kriting kribo cetar membahana gitu, beughhh.., dijamin pergelangan tanganku langsung sakit dan terjadi kram2 yang ngga berhenti.

Kira-kira, sekitar bulan juni apa juli di tahun lalu itu ( aku lupa :p ), pergelangan tanganku bukan cuman merasakan kram2 & rasa sakit, tapi juga udah muncul sebuah benjolan kecil ditengah pergelangan, yang kala itu pikirku hanya karena cuaca yang dingin aja, jadi timbul benjolan itu. ( aneh juga sih prediksi aku ? wkwkwk *ngga nyambung bow* ) Sampai kemudian jalan beberapa hari, benjolan itu hilang dengan sendirinya.

Tapi pada penghujung bulan november di tahun lalu, benjolan itu muncul lagi. Dan kali ini lebih besar, lebih berasa kramnya, dan tentu saja makin sakit kalau aku beraktifitas.

Nah, pas tadi iseng-iseng search sama mbah google about that ! akhirnya nemu juga ciri-ciri sakit yang kaya aku alami itu. sebuah benjolan di pergelangan tangan.
Nama penyakitnya adalah GangLion ( bukan Gangnam Style ya :p ) hehehe…

Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein.
Ganglion bisa disebut sebagai sebuah kista yang tumbuh terutama di daerah sendi atau tendon. Pada daerah sendi, terdapat jaringan sinovium yang berfungsi menghasilkan cairan pelumas untuk melumasi daerah sendi. Ganglion muncul apabila sinovium ini dipenuhi oleh cairan sejenis jell bening lalu membesar dan menimbulkan benjolan. Selain karena trauma khronis pada daerah sendi, penyebab yang pasti dari ganglion masih menjadi tanda tanya besar.
Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi.
Penanganannya adalah :

Pemeriksaan yang dilakukan untuk benjolan ini bertujuan untuk menyingkirkan dugaan penyebab lain dan melihat keadaan jaringan di sekitar benjolan tersebut. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain adalah X-Ray dan USG.

Faktor risiko adalah trauma berulang-ulang di pergelangan tangan yang terjadi dalam waktu yang cukup lama. Semakin sering pergelangan tangan digunakan, semakin besar ukurannya. Dengan demikian, mengistirahatkan pergelangan tangan adalah upaya pencegahan membesarnya ukuran ganglion.

*kalo pergelangan di istirahatkan, bagaimana dengan bisnis rebondingku ? kegiatan bikin kue ? dan yang lebih parah lagi, target nulisku gimana ? Aahhh…! >.< *
Rasa nyeri yang ditimbulkan dapat diatasi dengan obat penghilang rasa nyeri dan atau memakai “bidai” di pergelangan tangan. Apabila benjolan ini semakin membesar, sering menimbulkan rasa nyeri, dan mengganggu aktivitas/pekerjaan maka benjolan dapat diperkecil dengan mengisap cairan di dalam ganglion atau mengangkat ganglion melalui operasi. Hal penting yang perlu diketahui adalah walaupun operasi sukses dilakukan, tetapi tidak menutup kemungkinan ganglion timbul kembali.

Faktor risiko adalah trauma berulang-ulang di pergelangan tangan yang terjadi dalam waktu yang cukup lama. Semakin sering pergelangan tangan digunakan, semakin besar ukurannya. Mengistirahatkan pergelangan tangan adalah upaya pencegahan membesarnya ukuran ganglion.

Jika ganglion sudah sampai mendatangkan rasa nyeri, maka penanganannya adalah dengan pembedahan. Dan jika letak ganglionnya dekat dengan urat nadi, makan pasien akan di bius total. ( jauhkan…jauhkan >.<’’ )

Hedeehh , bener-bener deh ni cobaan di tahun baru ini ? disaat rencana yang udah aku susun rapi dan tinggal tunggu pelaksanannya, kini harus ketunda karena si Ganglion !

Ya , tapi ngga pa2 sih…,apapun yang terjadi, Tuhan itu baik, Dia tetap baik didalam hidupku, bahkan untuk pertumbuhan ‘cantik’ si Ganglion di pergelangan tanganku yang manis ini. Bagiku, Tuhan tetap baik ! J




( ini tanganku yang manis bersama dengan si Ganglion yang 'cantik' haha :p )


Lewat semua ini, aku makin bisa belajar untuk lebih tabah lagi, lebih taat lagi, dan yang pasti lebih percaya lagi pada-Nya !
Karena aku percaya, ketabahan akan menuntunku pada sebuah akhir yang indah.
Meski di mata dunia ini sebuah musibah, tapi bagiku ini adalah satu ‘kesempatan’ yang Bapa kasih untuk bisa membawaku pada-Nya, lebih dan lebih dekat lagi…hehehehe…

*kumpulkan tenaga, daaan…MAJUUU !!!*

3 comments:

  1. mbak mau tanya, aku kan juga punya tuh ganglion persis sama mbak . wktu puasa mengecil trus skrg membesar lagi. katanya di blog mbak untuk mengurangi harus diistirahatkan , sedangkan ini ada di posisi tangan kanan , gimna bisa ? setiap hari pasti di pergunakan untuk aktivitas. sekarang ganglion mbak yanne apa sudah hilang ? bagaimana mengatasinya ?
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. @fitrilia: maaf baru bisa bales :D
    cara mengatasinya adalah dengan konsultasi ke dokter, dari sana akan di beri pilihan, mau di keluarkan dengan cara di sedot ato di bedah ? kalo hanya di sedot maka kemungkinan muncul lagi itu lebih besar, tapi kalau di bedah maka kemungkinan muncul kembali itu lebih kecil.

    kista ganglion akan semakin membesar ketika kita makin sering menggunakan tangan kita, tapi bisa juga menghilang dengan sendirinya. saran saya, kalau mba sudah mulai merasakan sakit dan kista semakin membesar lebih baik segera melakukan tindakan pengangkatan kista entah itu dengan menyedot cairan atau dengan melakukan pembedahan :)

    ReplyDelete
  3. Cara terakhir yaitu dengAn pembedahan ahli orthopedi. Akan tetapi pascA oprasi jangan memnompang beban terlalu berat. Apabila menompang beban terlalu berat akan tumbuh kembali. Saya oprasi 12 agust 2014 tapi saya kerja memang harus extra ... tanpa saya sadari gAnglion itu sudah terasa muncul wlpn blum membesar. Mudah2an tidak membesar

    ReplyDelete